Senin, 06 September 2021

Membuat Cover BUku Yang Menarik

 

Membuat Cover Buku yang Menarik



Untuk malam ini seperti biasa jumat malam  pelatihan Belajar Menulis PGRI yang mana malam ini sebelum mengikuti pembelajaran menulis, persipanan untukmengajar besok pagi di smk untuk pembelajaran tapi untuk pertemuan ke 23 ini hanya simpan gambar diblog dulu, dikarenakan pembelajaran besok hari sangat padat untuk menjelasan materi. Baru sempat sekarng melanjutkan membuat resume menulis pas senin malam , ya segini juga lumayan masih nisa menulis untuk belajar.

Pertemuan kali ini di buka seperti biasa oleh Om Jay , dan om Jqy mempersilahkan Moderator Ibu Maesaroh, untuk membuka acara pertemuan 23, Malam ini bersama  Narasumber hebat, yang kemampuan IT nya luar biasa. Beliau selalu hadir dalam setiap kelas belajar berbicara. Banyak prestasi yang beliau torehkan dalam bidang ataupun menulis. Narasumber hebat kita, mungkin tampak tak asing, apalagi bagi pelanggan channel youtube beliau. Baiklah, untuk mengoptimalkan waktu, kepada Bapak Fajar Tri Laksono, silakan memasuki kelas 

Pada kesempatan kali ini, saya diamanahi tema diskusi yang cukup menarik yaitu Membuat Desain Cover Buku, Bapak dan Ibu yang saya hormati dan saya banggakan. Sebelum saya menyampaikan materi mohon izin saya menyampaikan sebuah quotes yang akan senantiasa menyemangati Bapak Ibu dalam berkarya khususnya membuat cover buku.Sebagus-bagusnya desain cover buku pasti ada yang tidak suka. Dan sejelek-jeleknya desain cover buku pasti ada yang suka. Itu karena sebuah desain sangatlah relatif penilaiannya.

Berbagi pengalaman Bersama pak Fajar Tri Laksono

Mulai belajar menekuni dunia seni grafis Dan  fokus menggeluti desain cover buku sekitar 3 tahun yang lalu Itupun karena faktor ketidaksengajaan,, itu artinya saya diminta oleh seorang sahabat lama yang kebetulan menjadi seorang guru untuk membantu mendesain cover bukunya. Padahal waktu itu belum sekalipun saya menghasilkan desain cover buku, Namun alasan saya ditolak oleh sahabat saya itu karena beliau tahu kemampuan grafis.Dan beliau percaya bahwa saya pasti mampu mendesain bukunya sesuai ekspektasi dan harapannya. Dan project pertama pun hasilnya sangat memuaskan bagi sahabat saya itu Berawal dari itulah sahabat saya yang kebetulan juga memiliki percetakan itu merekomendasikan teman-temannya dan juga mempercayakan pengerjaan seluruh cover buku yang masuk di percetakannya kepada saya.

http://bit.ly/PortofolioDesainMotogeniStudio




Memang tidak semua desain cover buku saya upload di Linggau tersebut karena keterbatasan waktu dan tenaga Masih ada banyak yang berjajar di laptop dan belum sempat saya dokumentasikan di link tersebut. Untuk menghasilkan desain cover buku yang baik bapak-ibu harus paham dan tahu selera pasar kemudian tren desain yang sedang berkembang saat ini serta tinjauan keilmuan dari dunia grafis. Bagaimanapun juga desain cover buku yang menarik adalah wajib bagi para penulis sebagai daya tarik sehingga bisa mengkonversi peningkatan penjualan bukunya.

Ada beberapa hal desain cover buku itu dikatakan menarik. Diantaranya adalah kesesuaian dengan tema judul. Kemudian didukung oleh ilustrasi yang menarik.Dipadukan dengan warna grafis yang sesuai. Dan font yang sangat kuat karakternya sesuai dengan tema. Monggo silakan barangkali ada pertanyaan bisa disampaikan.

Sesi pertanyaan 

Apakah desain cover buku pada link motogeni dapat dipesan untuk diajukan  kerjasama ke penerbit manapun? Bisa, saat ini saya juga masih kontrak dan bekerja sama dengan beberapa penerbit.salah satunya adalah Erlangga,

Ada rupa ada harga, bagaimana dengan harga per desain koleksi di  motogeni ?Tergantung pada pilihan paket desain yang dipilih oleh customer.

contoh cover bergenre kartun

Cover formal










custom desain. request penulis harus ada gambar bangunan Simpang Lima Gumul di Kediri





buku antologi anak. saya diminta menggambar wajah tokoh utamanya yaitu penulisnya yang masih anak-anak

pesanan penerbit erlangga


Fiksi Sains


novel remaja

cover bukunya Linda Vin, penulis novel kawakan


cover buku yang membuat saya menangis tersedu-sedu saat ngedisain covernya. karena penulis buku ini menyampaikan kepada saya sebelumnya bahwa desain saya nanti akan dipakai untuk menceritakan kisah teman teman guru yang meninggal karena wabah covid-19. cover ini sangat berkesan bagi saya secara pribadi,betapa tidak? karenna saya membayangkan wajah ibu mertua saya (yang juga seorang guru) dan meninggal bersama bapak mertua saya dalam kurun waktu 5 hari karena wabah covid.

sudah hampir 3 bulan ini saya tidak pernah mengerjakan desain cover buku lagi. Hampir semua order desain terbengkalai tidak saya kerjakan karena beberapa saat lalu tangan kanan saya kecelakaan yang mengakibatkan urat nadi, tendon dan syaraf terputus.

Alhamdulillah Allah masih memberikan tangan kiri yang sangat sempurna. Kini praktis semua pekerjaan hanya menggunakan tangan kiri,termasuk membantu Omjay membuat desain flyer untuk kegiatan APKS PGRI.

Informasi tentang spec laptop yang bisa digunakan untuk mendesain grafis.  Core I7 generasi 8 dengan memori 16 GB. Tapi ini tidak menjadi faktor penentu kualitas desain. Imajinasi adalah yang utama

Berapa lama kira-kira bisa belajar membuat desain cover, kalau sehat jasmani dan rohani, serta mood desain terjaga, maka biasanya 2-3 hari selesai. 

1 pekan maksimal 5 judul buku saja agar saya bisa fokus mengerjakan dengan hasil terbaik .        Adakah aplikasi sederhana yang sudah disediakan oleh laptop (bawaan) untuk membuat cover?  menggunakan aplikasi tambahan, yaitu Photoshop dan Ilustrator. Kadang-kadang pakai CorelDraw.

alhandulilah materi yang disampaikan pak Fajar Tri Laksono menbuat  inpirasi dan motivasi mudah mudahan apa yang di kerjakan oleh Pak fajar bisa diikuti kita sebgai penulis dan desain juga aminn

trimakasih banyak untuk ilmunya pak Fajar dan Om Jay dan Moderator Cantik Ibu Maesaroh ilmu yang selama ini didapat di Belajar menulis buku bermanfaat sampai akhir hayat. amin.....

gelombang: 19 dan 20 

pertemuan : ke 24

tema : Membuat Cover Buku yang Menarik

narasumber: Fajar Tri Laksono

Moderator: Maesaroh

HJ.Nia Kania Dewi,.ST.M.M.Pd

SMAN 1 Rancaekek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Autobiografi

  Menulis Autobiografi Alhamdulilah  jumat berkah untuk mengikuti Pelatihan Belajar menulis di PGRI yang mana pertemuan kali ini  di bawakan...