Kamis, 29 April 2021

Creative Writing (OffLine – OnLine)

Creative Writing (OffLine – OnLine)


 “… orang yang berani menulis adalah mereka yang berani bermimpi. Dan yang bersedia membagi mimpinya kepada orang lain, adalah mereka yang siap mewujudkan mimpinya tersebut…”

“… semakin kita sering menulis, maka akan semakin lekatlah ilmu tersebut pada diri kita. Dan untuk meninggikan pengetahuan yang kita miliki, sampaikanlah kepada orang lain…”

A. Bagaimana menemukan ide

1. Mendengar 

2.melihat

3.mencium 

4.mengecap

5.menyetuh


B. SALIN IDE DAN GAGASAN 

  1. Mendengar (listen). Contoh: dalam perjalanan ke suatu tempat, kita mendengar percakapan tentang dampak kenaikan harga BBM. Maka kita bisa membuat tulisan yang berjudul: “Resahnya Kaum Susah”. 
  2. Melihat (look). Contoh: di lampu merah, kita melihat kaum fakir-miskin sedang meminta-minta. Maka kita bisa membuat tulisan yang berjudul: “Kepedulian Kita, Kebahagian Mereka”. 
  3. Mencium (smell). Contoh: masuk ke ruang pertemuan di sebuah hotel, langsung tercium bau wangi yang menyegarkan. Maka kita bisa membuat tulisan yang berjudul: “Asah Ilmu Tak Lagi Membuat Jemu”
  4. Mengecap (taste). Contoh: saat berbuka puasa di warung tegal, cita-rasanya tak terkalahkan.Maka kita bisa membuat tulisan yang berjudul: “Berbuka  Sehat, Berbuka Sederhana”
  5. Menyentuh (touch). Contoh: di dalam lingkungan sekolah, kita berpapasan dengan seorang pesuruh. Kita pun menyapa dan berjabat-tangan dengan pesuruh yang sudah mengabdi sekian lama. Genggaman tangannya yang kasar terasa lemah. Maka kita bisa membuat tulisan yang berjudul:  “Mereka yang Berjasa Tanpa Terasa”
C. Tujuan menulis essay

  1. Melakukan eksplorasi atas respon individu terhadap suatu peristiwa, keadaan ataupun ide dan gagasan tertentu (personal essay). Contoh: tulisan tentang pengalaman pribadi saat menggunakan Internet.
  2. Mengajak pembaca untuk meyakini opini penulis dan dapat juga untuk meyakinkan pembaca agar melakukan suatu aksi tertentu (persuasive essay). Contoh: tulisan tentang pentingnya Internet.
  3. Menjelaskan tentang bagaimana melakukan sesuatu hal atau pun menunjukkan bagaimana sesuatu bekerja (how-to essay). Contoh: tulisan tentang bagaimana cara menggunakan Internet untuk proses belajar.
  4. Membandingkan dan mengkontraskan dua atau lebih ide, peristiwa, literatur atau hal lainnya (compare-and-contrast essay). Contoh: tulisan tentang keuntungan dan kelebihan belajar menggunakan Internet dibandingkan dengan belajar secara konvensional.
  5. Menunjukkan tentang bagaimana suatu sebab akan menimbulkan dampak tertentu (cause-and-effect essay). Contoh: tulisan tentang manfaat yang akan dirasakan jika aktif menggunakan Internet untuk belajar.
  6. Mendeskribsikan suatu permasalahan dan menawarkan solusinya (problem-and-solution essay).Contoh: tulisan tentang masalah-masalah yang timbul saat menggunakan Internet untuk belajar dan solusinya.
D. Prinsif Menulis Secara Jelas

  • Usahakan agar kalimat rata-rata pendek 
  • Pilih yang sederhana daripada yang kompleks 
  • Pilihlah kata-kata yang lazim Hindari kata-kata yang tidak perlu 
  • Beri kekuatan pada kata kerja
  • Tulislah sebagaimana Anda berbicara
  • Gunakan istilah yang bisa digambarkan oleh pembaca
  • Hubungkan dengan pengalaman pembaca Anda
  • Gunakan sepenuhnya variasi
  • Menulislah untuk menyatakan, bukan untuk mempengaruhi

E. Prinsif Jurnal Lisme

  • Kewajiban pertama jurnalisme adalah pada kebenaran
  • Loyalitas pertama jurnalisme adalah kepada warga masyarakat
  • Inti jurnalisme adalah disiplin untuk melakukan verifikasi
  • Para wartawan harus memiliki kebebasan dari sumber yang mereka liput
  • Wartawan harus mengembang tugas sebagai pemantau yang bebas terhadap kekuasaan
  • Jurnalisme harus menyediakan forum untuk kritik dan komentar publik
  • Jurnalisme harus berusaha membuat yang penting menjadi menarik dan relevan
  • Wartawan harus menjaga agar berita itu proporsional dan komprehensif
  • Wartawan itu memiliki kewajiban utama terhadap suara hatinya

G. Bekal Kerja Karyawan

  1. Naluri berita
  2. Observas
  3. Keingintahuan
  4. Mengenal berita
  5. Menangani berita
  6. Ungkapan yang jelas
  7. Kepribadian yang luwes
  8. Pendekatan yang sesuaik
  9. Kecepatan
  10. Kecerdikan
  11. Teguh pada janji
  12. Daya ingat yang tajam
  13. Buku catatan
  14. Berkas catatan/referensi
  15. Kamus
  16. Surat kabar/majalah/internet/tv/radio
  17. Perbaikan demi kemajuan

H. Kebiasaan Menulis online

  • Sosial media 
  • Micro bloging
  • Website pribadi 
I. Karakter Media Online

  • Audience Control. Dengan menggunakan teknologi pada web, audience bisa lebih leluasa dan mudah dalam memilih informasi yang dibutuhkan.
  • Nonlienarity. Untuk memahami konteks informasi, segmen informasi yang disampaikan tidak selalu harus dikaitkan dengan segmen informasi lainnya
  • Duplication. Informasi dapat dengan mudah diduplikasi, sehingga memudahkan dalam proses diseminasi, bahkan melalui berbagai bentuk media lainnya
  • etrievability. Karena dengan dukungan basis data yang memadai maka proses pencarian atas informasi tertentu yang telah lampau dapat dimudahkan
  • Quantity. Jumlah informasi yang disampaikan dapat lebih banyak jumlahnya, sebab tidak lagi ada batasan jumlah teks / halaman ataupun durasi on-air
  • lexibility. Penyaji informasi leluasa menyampaikan atau melengkapi pesannya melalui berbagai bentuk, semisal dengan gambar, audio/video, atau multimedia
J. Karakter Media online

  1. Capacity. Jumlah informasi yang dapat disimpan (pengarsipan) menjadi leluasa, karena dengan digitalisasi seakan tak lagi ada keterbatasan pada ruangan (space) 
  2. Permanence. Informasi yang disimpan tidak mudah hilang lantaran media penyimpanannya tak mudah pudar ataupun lapuk dimakan usia 
  3. Interactivity. Umpan-balik atas suatu informasi akan lebih interaktif, sehingga partipasi audience akan semakin berpengaruh dalam kualitas informasi
  4. Mobile. Dengan menggunakan format teknis yang sedehana, maka formasi dapat disampaikan dimana dan kapan saja melalui piranti bergerak 
K. Keuntungan Menulis untuk situasi informasi /institusi 
  1. Peningkatan layanan kepada publik
  2. Peningkatan informasi untuk pembaca khusus
  3. Peningkatan transparansi dan citra institusi
  4. Peningkatan komunikasi tanpa batasan
  5. Kesempatan membangun dukungan publik
  6. Kesempatan meningkatkan kepercayaan publik
  7. Kesempatan memperoleh umpan-balik publik
  8. Kesempatan mempromosikan partisipasi publik

L. Strategi Membangun Situs Informasi /institusi. 

  • Pahami Pembaca
  • Manfaat Isi
  • Komunikasi Interaktif
  • Situs Layak
  • Terus Inovasi

M. Kelemahan Situs 

  1. Under Construction (belum selesai)
  2. Lebih mempromosikan pimpinan / institusi/ pengelola
  3. Informasi tidak diperbaharui dan tidak nyaman dibaca
  4. Terlalu banyak hiasan dan cenderung lambat
  5. Kurang ada inovasi
N. Sumber materi presentasi 

  • Quantum Writing, Penerbit MLC – 2005
  • Creative Wisdom for Writers, Indonesia Tera – 2005
  • Catatan-Catatan Jurnalisme Dasar, Penerbit Buku Kompas – 2005
  • Jurnalistik Untuk Remaja, Impresindo – 2001
  • The Elements of Journalism, Crown Publishers – 2001
  • Writing Power (2nd Ed.), Kaplan Publishing – 2001
  • Online Journalism, Holcomb Hathaway - 2005
  • Web Journalism, Pearson Education - 2004




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Autobiografi

  Menulis Autobiografi Alhamdulilah  jumat berkah untuk mengikuti Pelatihan Belajar menulis di PGRI yang mana pertemuan kali ini  di bawakan...