PENTINGNYA MEMBUAT PTK BAGI GURU
Penelitian tindakan kelas merupakan suatu bentuk kajian atau kegiatan ilmiah dan bermetode yang dilakukan oleh guru / peneliti didalam kelas dengan mengunakan tindakan - tindakan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Ilmiah yaitu suatu yang bersifat atau berada dalam keilmuan dan metode yaitu cara berfikir, obyektif, rasional, sistematis berdasarkan fakta untuk menemukan, membuktikan mengembangkan dan evaluasi suatu pengetahuan.
Selama ini, menulis PTK merupakan momok bagi para guru. Kurangnya budaya membaca menyebabkan guru kurang dapat menulis dengan baik. Padahal, menulis itu dimulai dari banyak membaca. Kalau sudah banyak membaca, tentunya guru akan tertarik untuk meneliti dari apa yang dibacanya. Penelitian dimulai dari adanya masalah. Masalah dapat dipecahkan bila kita melakukan penelitian. Penelitian dapat dilakukan bila adanya upaya dari guru untuk memperbaiki kualitas pembelajarannya di sekolah.
Manfaat PTK bagi guru sangat banyak sekali. Diantaranya adalah membantu guru memperbaiki mutu pembelajaran, meningkatkan profesionalitas guru, meningkatkan rasa percaya diri guru, memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan, dan keterampilannya.
Namun demikian, PTK sebagai salah satu metode penelitian memiliki beberapa keterbatasan, yang diantaranya :
validitasnya yang masih sering disangsikan, tidak dimungkinkan melakukan generalisasi karena sampel sangat terbatas, peran guru yang ‘one man show’ bertindak sebagai pengajar dan sekaligus peneliti sering kali membuat dirinya menjadi sangat repot (very busy). Seringkali ditemukan penelitian yang dilakukan kurang valid dan reliabel. Tapi ada banyak keuntungan lainnya bila guru melaksanakan PTK secara baik dan benar.
Dengan melakukan PTK, guru menjadi terbiasa menulis, dan sangat baik akibatnya bila guru sekolah negeri atau PNS akan naik pangkat yang mengharuskan guru untuk menuliskan PTK. Begitu pun untuk guru sekolah swasta, PTK sangat penting untuk meningkatkan apresiasi, danprofesionalisme guru dalam mengajar. Apalagi dengan adanya program sertifikasi dari pemerintah.
https://youtu.be/gZvJkzFQbHc
- Utamanya karena sudah lama tidak pernah menulis
- tidak pernah mendapatkan sosialisasi tentang pengembangan profesi
- tidak memahami jenis KTI pengembangan profesi itu.
- Banyak KTI yang ditolak
- Dipersulit kenaikannya
- Belum mengusulkan
- Banyak yang usulan DITOLAK,
- KTI sulitnya bukan main
- Siapa tahu ada perubahan aturan,
- Mana sempat…
- Bener
- Salah
- Belum tentu, tergantung bagaimana seleksinya
- Tidak benar.
- Ada lima macam kegiatan pengembangan profesi
- KTI adalah salah satunya
- Tidak benar.
- Ada TUJUH macam KTI
- KTI laporam penelitian adalah salah satunya
- Membuat karya tulis ilmiah (KTI)
- Menemukan teknologi tepat guna
- Menciptakan karya seni
- Menyusun alat pembelajaran/bimbingan
- Mengembangkan kurikulum
- Laporan hasil penelitian (termasuk laporan PTK) nilai 4
- Tinjauan atau ulasan ilmiah, nilai 3,5
- Tulisan ilmiah populer, nilai 2
- Prasaran dalam kegiatan ilmiah, 2,5
- Buku pelajaran atau modul, nilai 3/5
- Menyusun diktat pelajaran,nilai 1
- Menterjemahkan, nilai 2,5.
- Tidak benar.
- KTI adalah laporan kegiatan pengembangan profesi yang dilakukan Guru
- Fokus penilaian KTI adalah pada keaslian dan kemanfaatan dari kegiatan yang dilakukan guru
- KTI tersebut BUKAN skripsi, tesis, atau desertasi.
- UPAYA GURU UNTUK MEMPERBAIKI PROSES PEMBELAJARAN
- GURU TIDAK PERLU KELUAR KELAS
- MASALAHNYA DARI GURU SENDIRI
- GURU DAN SISWA MERASAKAN LANGSUNG DAMPAKNYA
- GURU DAPAT BERDISKUSI DENGAN SESAMA GURU (MENUMBUHKAN BUDAYA AKADEMIK
- PENELITIAN TaINDAKAN KELAS MERUPAKAN PENELITIAN YG MENGGUNAKAN SIKLUS BERKELANJUTAN, JADI MINIMAL 2 SIKLUS
- PTK ADALAH SUATU PENELITIAN YG BERU-SAHA UNTUK MEMPERBAIKI PROSES PEM-BELAJARAN. MAKA DARI SIKLUS KE SIKLUS BERIKUTNYA METODE/PENDEKATAN/MODEL TETAP MAKIN KESIKLUS BERIKUT MAKIN SEMPURNA/BAIK.
- DARI SIKLUS KE SIKLUS MATERI PELAJARAN HARUS SESUAI DGN KURIKULUM, TIDAK BO-LEH MALANGGAR KURIKULUM.
- masalahnya harus dari guru sendiri yang diangkat dari kelas dimana guru mengajar.
- Cari masalah yang paling merisaukan waktu guru mengajar.
- renungan mengangkat mata pelajaran apa dan pada pokok bahasan apa (tidak terlalu luas
- Tentu cara yang paling tepat untuk mengatasi masalahnya.
- Apakah ada menguasai langkah langkah cara Model metode yang akan dilakukan?
- Persiapan baik baik materi pelajaran, alat media atua metode untuk pengumpulan data.
- Permasalahanyang diangkat dari kelas tempat guru mengajar.
- Adanya bukti fisik yang mendukung.
- Materi pelajaran yang membutuhkan waktu cukup panjang.
- Ada metode pendekatan yang lebih efektif mengatasi masalah.
- Diyakini atas dasar teori atau hasil bacaan lain bahwa pendekatan baru lebih tepat.
- menguasai langkah-langkah pendekatan yang digunakan.
- MENGUASAI langkah langkah dan prinsip PTK
- MEMAHAMI sistematika menyusun ancangan PTK
- Penguasaan PTK secara utuh tidak dipahami.
- Belum memahami hal yang perlu diperhatikan waktu tindakan, dan sesudah tindakan dilakukan.
- Belum memahami apa yang harus ditulis dalam laporan PTK.
- Belum mengetahui apa yang perlu disiapkan untuk membuat laporan.
- Belum memahami sistematika laporan sajiannya
- Belum bisa membedakan antara PTK dan non PTK.
- LATAR belakang tidak jelas apa pentingnya. Untuk diteliti.
- Kebenaran tidak didukung teori metodologi data dan ANALISINYA.
- Laporan tidak menjelaskan kegiatan yang dilakukan.
- Penelitian mengenai isi materi pelajaran, penelitian ilmu murni.
- Penelitian perbandingan hanya membandingkan kelompok penelitian deskriptif, tetapi mengikuti kaidahnya.
- Penelitian yang hanya sekedar penghubung dua variabel yang sudah jelas Jawabanya.
- Penelitian eksperimen tidak mengikuti KAEDAH metodologi penelitian eksperimen.
- Penelitian cukup baik tetapi tidak ada lampiran yang berkaitan dengan kegiatan penelitiannya.
- Penelitian. PTK, namun tidak jelas apa. Bagaimana mengapa peneliti. Dilakukan dan has evaluasi dan REFLEKSINYA.
- PTK namun tahapan dan tindakan tiap siklus tidak jelas, dta tiap pertemuan& SIKLUS BELUM lengkap.
- PTK yang diusulkan. Dibuat sebelum tanggal penolakan dari biro kepegawaian kemendiknas.
- PTK namun lampiran belum lengkap
- PROPOSAL penelitian.
- Cattaan tindakan dan daya setiap pertemuan.
- CAttan dari kolaborasi. (teman saja)
- Sistem pelaporan penelitian
- Komen yang relevan :RPP, semua instrumen yang dibutuhkan. Vonwo hasil kerja siswa & guru, daftar hasil setiap pertemuan foto kegiatan dan menjelaskan kegiatan Seminar
- Bagian awal :halaman judul Halaman pengesahan, abstrak kata. Pengantar (Tgl pembuatan) Daftar Isi Daftar lampiran
- Bagian isi:ada lima bab
- Bagian penunjang :daftar pustaka dan lampiran lampiran
Aamiin. Terima kasih
BalasHapus