Kamis, 29 April 2021

PENTINGNYA MEMBUAT PTK BAGI GURU

PENTINGNYA MEMBUAT PTK BAGI GURU


Penelitian tindakan kelas merupakan suatu bentuk kajian atau kegiatan ilmiah dan bermetode yang dilakukan oleh guru / peneliti didalam kelas dengan mengunakan tindakan - tindakan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Ilmiah yaitu suatu yang bersifat atau berada dalam keilmuan dan metode yaitu cara berfikir, obyektif, rasional, sistematis berdasarkan fakta untuk menemukan, membuktikan mengembangkan dan evaluasi suatu pengetahuan.

Selama ini, menulis PTK merupakan momok bagi para guru. Kurangnya budaya membaca menyebabkan guru kurang dapat menulis dengan baik. Padahal, menulis itu dimulai dari banyak membaca. Kalau sudah banyak membaca, tentunya guru akan tertarik untuk meneliti dari apa yang dibacanya. Penelitian dimulai dari adanya masalah. Masalah dapat dipecahkan bila kita melakukan penelitian. Penelitian dapat dilakukan bila adanya upaya dari guru untuk memperbaiki kualitas pembelajarannya di sekolah.

Manfaat PTK bagi guru sangat banyak sekali. Diantaranya adalah membantu guru memperbaiki mutu pembelajaran, meningkatkan profesionalitas guru, meningkatkan rasa percaya diri guru, memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan, dan keterampilannya. 

Namun demikian, PTK sebagai salah satu metode penelitian memiliki beberapa keterbatasan, yang diantaranya : 

validitasnya yang masih sering disangsikan, tidak dimungkinkan melakukan generalisasi karena sampel sangat terbatas, peran guru yang ‘one man show’ bertindak sebagai pengajar dan sekaligus peneliti sering kali membuat dirinya menjadi sangat repot (very busy). Seringkali ditemukan penelitian yang dilakukan kurang valid dan reliabel. Tapi ada banyak keuntungan lainnya bila guru melaksanakan PTK secara baik dan benar.

Dengan melakukan PTK, guru menjadi terbiasa menulis, dan sangat baik akibatnya bila guru sekolah negeri atau PNS akan naik pangkat yang mengharuskan guru untuk menuliskan PTK. Begitu pun untuk guru sekolah swasta, PTK sangat penting untuk meningkatkan apresiasi, danprofesionalisme guru dalam mengajar. Apalagi dengan adanya program sertifikasi dari pemerintah.

https://youtu.be/gZvJkzFQbHc


Apa Pengembangan Profesi Guru

Ketrampilan guru menerapkan kemampuan ilmu pengetahuan, teknologi seni untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar, serta kegiatan lain yang berkaitan dengan pendidikan dan kebudayaan. 

Pengembangan Keprofesian berkelanjutan

PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU YG DILAKSANAKAN  SESUAI DENGAN KEBUTUHAN ,BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN PROFESIO-NALITASNYA (PERMENEGPAN DAN RB NO.16 TAHUN 2009

MENGAPA KENAIKAN PANGKAT MELALUI PENGEMBANGAN PROFESI KURANG BERHASIL?
  • Utamanya karena sudah lama tidak pernah menulis 
  • tidak pernah mendapatkan sosialisasi tentang pengembangan profesi 
  • tidak memahami jenis KTI pengembangan profesi itu. 
1.  Mengapa banyak GURU “mandek” di IVa?
  •  Banyak KTI  yang ditolak
  •  Dipersulit kenaikannya
  •  Belum mengusulkan
2.   Mengapa belum mengusulkan?
  • Banyak yang usulan DITOLAK,
  • KTI sulitnya bukan main
  • Siapa tahu ada perubahan aturan,
  • Mana sempat…
a) Banyak yang ditolak? Kalau APIK pasti ACC
b) KTI sulit? Kalau dikerjakan, ya mudah
c) Perubahan aturan? Apa ada, kapan?
d) Mana sempat? Mulai, mulai, mulai  

perlu informasi yang memotivasi

3.  Makin banyak GURU golongan IVb, makin baik mutu pendidikan. 
  • Bener
  • Salah
  • Belum tentu, tergantung bagaimana seleksinya
usulan kenaikan pangkat dilakukan dengan tidak benar….

Bila KTI palsu dipakai untuk naik pangkat, maka  makin marak  ketidakjujuran.


4. Pengembangan profesi harus berupa KTI
  • Tidak benar.
  • Ada lima macam kegiatan pengembangan profesi 
  • KTI adalah salah satunya
5. KTI harus berupa laporan penelitian (PTK)
  • Tidak benar.
  • Ada TUJUH macam KTI 
  • KTI laporam penelitian adalah salah satunya
PENGEMBANGAN PROFESI GURU
  • Membuat karya tulis ilmiah (KTI)
  • Menemukan teknologi tepat guna
  • Menciptakan karya seni
  • Menyusun alat pembelajaran/bimbingan
  • Mengembangkan kurikulum
Macam KTI
  1. Laporan hasil penelitian (termasuk laporan PTK)  nilai 4
  2. Tinjauan atau ulasan ilmiah, nilai 3,5
  3. Tulisan ilmiah populer, nilai 2
  4. Prasaran dalam kegiatan ilmiah, 2,5
  5. Buku pelajaran atau modul, nilai 3/5
  6. Menyusun diktat pelajaran,nilai 1
  7. Menterjemahkan, nilai 2,5. 
 KTI harus setara tesis, penuh statistik, dll

  • Tidak benar.
  • KTI adalah laporan kegiatan pengembangan profesi yang dilakukan Guru
  • Fokus penilaian KTI adalah pada keaslian dan kemanfaatan dari kegiatan yang dilakukan guru
  • KTI tersebut BUKAN skripsi, tesis, atau desertasi.
MENGAPA HARUS PTK
  • UPAYA GURU UNTUK MEMPERBAIKI PROSES PEMBELAJARAN
  • GURU TIDAK PERLU KELUAR KELAS
  • MASALAHNYA DARI GURU SENDIRI
  • GURU DAN SISWA MERASAKAN LANGSUNG DAMPAKNYA
  • GURU DAPAT BERDISKUSI DENGAN SESAMA GURU (MENUMBUHKAN BUDAYA AKADEMIK

PRINSIP PTK
  • PENELITIAN TaINDAKAN KELAS MERUPAKAN PENELITIAN YG MENGGUNAKAN SIKLUS BERKELANJUTAN, JADI MINIMAL 2 SIKLUS
  • PTK ADALAH SUATU PENELITIAN YG BERU-SAHA UNTUK MEMPERBAIKI PROSES PEM-BELAJARAN. MAKA DARI SIKLUS KE SIKLUS BERIKUTNYA METODE/PENDEKATAN/MODEL TETAP MAKIN KESIKLUS BERIKUT MAKIN SEMPURNA/BAIK.
  • DARI SIKLUS KE SIKLUS MATERI PELAJARAN HARUS SESUAI DGN KURIKULUM, TIDAK BO-LEH MALANGGAR KURIKULUM. 
KARAKTERISTIK PTK

SESUAI DENGAN KOMITMEN SEBAGAI GURU
MASALAH DIANGKAT DARI KELAS DIMANA GURU MENGAJAR.
METODE YANG DIGUNAKAN HARUS TAAT AZAS PTK
MERUPAKAN PENELITIAN KOLABORASI
TIDAK DAPAT DIGENERALISASIKAN
TIDAK MENGENAL POPULASI DAN SAMPEL PENELITIAN.

PENELITIAN TINDAKAN KELAS   






APA SATU SIKLUS BOLEH SATU PERTEMUAN

  • Satu pertemuan belum menghasilkan perubahan sikap siswa.
  • Diusahakan tiga kali pertemuan satu penelitian tidak boleh. 
  • satu siklus =pembelajaran biasa
  • pada siklus kedua metode/teknik ya harus lebih sempurna/baik. 
PERMASALAHAN PTK
  • masalahnya harus dari guru sendiri yang diangkat dari kelas dimana guru mengajar. 
  • Cari masalah yang paling merisaukan waktu guru mengajar. 
  • renungan mengangkat  mata pelajaran apa dan pada pokok bahasan apa (tidak terlalu luas

TINDAKANNYA APA?

  • Tentu  cara yang paling tepat untuk mengatasi masalahnya. 
  • Apakah ada menguasai langkah langkah cara Model metode yang akan dilakukan? 
  • Persiapan baik baik materi pelajaran, alat media atua metode untuk pengumpulan data. 

APA YG PERLU DIPERSIAPKAN AWAL PTK
  • Permasalahanyang diangkat dari kelas tempat guru mengajar. 
  • Adanya bukti fisik yang mendukung. 
  • Materi pelajaran yang membutuhkan waktu cukup panjang. 
  • Ada metode pendekatan yang lebih efektif mengatasi masalah. 
  • Diyakini atas dasar teori atau hasil bacaan lain bahwa pendekatan baru lebih tepat. 
  • menguasai langkah-langkah              pendekatan yang digunakan. 
  • MENGUASAI langkah langkah dan prinsip PTK
  • MEMAHAMI sistematika menyusun ancangan PTK

MENGAPA GURU GAGAL USUL NAIK PANGKAT

  • Penguasaan PTK secara utuh tidak dipahami. 
  • Belum  memahami hal yang perlu diperhatikan waktu tindakan, dan sesudah tindakan dilakukan. 
  • Belum memahami apa yang harus ditulis dalam laporan PTK. 
  • Belum mengetahui apa yang perlu disiapkan untuk membuat laporan. 
  • Belum memahami sistematika laporan sajiannya
  • Belum bisa membedakan antara PTK dan non PTK. 
  • LATAR belakang tidak jelas apa pentingnya. Untuk diteliti. 
  • Kebenaran tidak didukung teori metodologi data dan ANALISINYA. 
  • Laporan tidak menjelaskan kegiatan yang dilakukan. 
  • Penelitian mengenai isi materi pelajaran, penelitian ilmu murni. 
  • Penelitian perbandingan hanya membandingkan kelompok penelitian deskriptif, tetapi mengikuti kaidahnya. 
  • Penelitian yang hanya sekedar penghubung dua variabel yang sudah jelas Jawabanya. 
  • Penelitian eksperimen tidak mengikuti KAEDAH metodologi penelitian eksperimen. 
  • Penelitian cukup baik tetapi tidak ada lampiran yang berkaitan dengan kegiatan penelitiannya. 
  • Penelitian. PTK, namun tidak jelas apa. Bagaimana mengapa peneliti. Dilakukan dan has evaluasi dan REFLEKSINYA. 
  • PTK namun tahapan dan tindakan tiap siklus tidak jelas, dta tiap pertemuan& SIKLUS BELUM lengkap. 
  • PTK yang diusulkan. Dibuat sebelum tanggal penolakan dari biro kepegawaian kemendiknas. 
  • PTK namun lampiran belum lengkap  

YANG PERLU DISIAPKAN 
  • PROPOSAL penelitian. 
  • Cattaan tindakan dan daya setiap pertemuan. 
  • CAttan dari kolaborasi. (teman saja)
  • Sistem pelaporan  penelitian
  • Komen yang relevan :RPP, semua instrumen yang dibutuhkan. Vonwo hasil kerja siswa & guru, daftar hasil setiap pertemuan foto kegiatan  dan menjelaskan kegiatan Seminar 

BAGAIMANA SISTEMATIKA LAPORAN PTK?
  • Bagian awal :halaman judul Halaman pengesahan, abstrak kata. Pengantar (Tgl pembuatan) Daftar Isi Daftar lampiran 
  • Bagian isi:ada lima bab
  • Bagian penunjang :daftar pustaka dan lampiran lampiran 
SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN lanjutan 
BAGIAN ISI:
BAB  I   PENDAHULUAN 
              A. Latar Belakang Masalah  
              *)B. Identifikasi masalah                
                B. Rumusan Masalah 
                C. Tujuan Penelitian
                D. Manfaat Hasil Penelitian
            *)  E. Cara pemecahan masalah

BAB  II   KAJIAN PUSTAKA 
               (sebagai pendukung dalam
                  pemecahan masalah)
                 A.  Kajian teori tentang 
                       masalah yang dipecahkan
                 B.  Kajian teori dari tindakan
                      yang akan dilakukan
               C.  Kerangka berpikir (menghubung-
                     kan A dengan B
                D. Hipotesis tindakan (bila perlu
BAB  III  METODOLOGI PENELITIAN 
               A. Setting Penelitian (obyek, waktu                          penelitian, sasaran perubahan)
                 B. Prosedur/ Siklus penelitian
                 C. Metode pengumpulan data dan   
                      instrumen penelitian
                 D. Metode analisis data
               E. Indikator keberhasilan
BAB  IV  HASIL PENELITIAN DAN 
              PEMBAHASAN 
               A. Gambaran lokasi penelitian
                 B. Sajian data tiap siklus
                    L Pengolahan dan analisis data
                 C. Pembahasan hasil analisis dari                     semua siklus untuk semua aspek                      disatukan dalam satu tabel/grafik
 
Kemukakan secara rinci apa tindakan yg dilakukan guru waktu menerapkan model atau metode baru dan hasil refleksi tiap siklus. Ceritakan dari pertemuan ke pertemuan berikutnya. Hasil perubahan dari pertemuan ke pertemuan berikutnya, misalnya: kondisi kelas, kedisiplinan belajar, semangat belajar, catatan hasil belajar, minat mengikuti pelajaran.
Siklus ke 2 laporkan secara lengkap seperti pada laporan siklus pertama.

Semoga bermanfaat bagi yang memerlukannya. Indahnya berbagi dalam literasi dan menulis harian diblog. 



1 komentar:

Menulis Autobiografi

  Menulis Autobiografi Alhamdulilah  jumat berkah untuk mengikuti Pelatihan Belajar menulis di PGRI yang mana pertemuan kali ini  di bawakan...