Jumat, 06 Agustus 2021

PEMASARAN BUKU

Pemasaran Buku 

Diawali dengan pembukaan Om Jay di mana Om Jay menyapa para peserta gelombang ke-19 dan gelombang 20 yang mana pada pertemuan kali ini adalah pertemuan yang ke-10. Om Jay  berkata Selamat malam guru hebat. Om Jay adalah seorang bapak blog Indonesia yang selalu memotivasi guru-guru seluruh Indonesia. Dan setelah itu memperkenalkan moderator Di pertemuan di pertemuan ke-10 sebagai moderator wa-an Nurhasanah dan sebagai narasumber Agus subardana.

Setelah memperkenalkan moderator dan narasumber Om Jay. menyerahkan kepada moderator untuk menyampaikan acara malam ini. 

Di pertemuan ke-10 moderator ditemani oleh tiga narasumber penting penerbit Mayor (besar), PT Andi offset Yogyakarta. Sebagai narasumber Agus Subardana dan menyerahkan untuk mengisi acara malam ini

Narasumber menjelaskan tentang buku pemasaran selama pandemi. Sebelum menjelaskan dan lebih lanjut memaparkan tentang Pemasaran Buku narasumber menyapa kepada peserta gelombang 19 dan 20 Halo guru-guru hebat itu sapaannya beliau.

Lebih lanjut narasumber memberikan arahan tentang buku ini buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta saran penyampaian informasi titik sejak usia dini, anak-anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai Wujud dukungan dan tindakan nyata membangun budaya membaca sejak dini ko. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatkan kebutuhan masyarakat terhadap buku menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbit buku

 Kategori buku di sini kita akan melaporkan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis kategori buku yang diterbitkan titik pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis. Sehingga strategi pemasaran pada umumnya dipengaruhi oleh faktor yang meliputi tik faktor mikro yang perantara pemasok, bersaing dengan masyarakat. Faktor makro yaitu demografi ekonomi, politik hukum, teknologi fisik dan sosial budaya.

Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik Kenapa demikian Hal ini dapat dilihat dari jenis-jenis buku yang terbit. Jenis-jenis buku yang diterbitkan tersebut dikelompokkan menjadi kategori buku titik salah satu contoh penerbit Andi offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 kategori produk buku kategori produk buku anak kategori produk buku bisnis, buku pertanian buku fiksi Novel buku dan pengembangan diri buku teks dan lain-lain. 


Strategi pemasaran buku yang telah kami sertakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu : bagi pemasaran yaitu: strategi pemasaran serangan udara dan strategi pemasaran serangan darat dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut diatas.

Jelaskan secara singkat sebagai berikut: saat ini kami dalam menjalankan bisnis menerbit buku yang sedang kami jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu faktor mikro dan makro.
Penjualan buku dari bulan Januari awal tahun 2020 masih bisa dipertahankan namun di tahun 2021 ini trennya turun lagi akibat dampak adanya pandemi atau PPKN namun pada pada kondisi sekarang ini transformasi akhirnya beralih ke transformasi digital.

Hal ini dikarenakan penerbit Andi offset sudah termasuk industri penerbit buku dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 10000 judul buku yang telah dikelompokkan menjadi 32 kategori. Untuk penjualan di sini banyak menggunakan secara online untuk itu kita jangan lupa melakukan strategi pemasaran dengan sistem serangan darat atau offline. Penerbit Andi telah mempunyai 87 cabang di kota daerah Aceh sampai dengan Papua dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan strategi pasar yang kita tuju antara lain:

 .
 Nah disini seorang moderator yaitu Bu Aan Nurhasanah memberikan contoh kepada kita peserta grup penulis bahan memperlihatkan bahwa dia menulis buku Kalau kolaborasi dengan Prof EkoJi. Yang lolos seleksi penerimaan PT Andi offset.

Bayangkan suatu saat nanti ada rak buku besar seperti Gramedia, dan lain-lain. Untuk menjelaskan lebih lanjut. Semua sangat menyanyikan dari segi pemasaran untuk saat ini pandemi ini lebih berhasil yaitu mata pelajaran fiksi dan sangat menjanjikan adalah buku buku mapel untuk fiksi, dan fungsi puisi lebih ke buku referensi. 

Cara melindungi penulis dan sekaligus penerbit agar tidak selalu Survive dalam menjalankan aktivitas yang masing-masing di era pandemi covid 19. 


Membuat promosi buku tulisan sudah jadi tapi belum dipublish apa apakah memungkinkan tanda tanya untuk pemasaran/membuat buku sejenis buku cover buku. Atau buku boneka untuk anak, Awasakah sbisa dengan menggandeng penerbit mayor?

Cara menjual dan memasarkan buku digital atau PDF sepertinya jaringan 

Bagaimana strategi datar dan udara yang tadi bapak sampaikan bisa. 

Strategi serangan udara yaitu lewat grup WA (komunitas), instagram toko online. Penjualan lewat komunitas ini lebih efektif dan efisien sehingga keberhasilannya lebih tinggi. Kuncinya kita harus pro aktif, komunikasi dan interaksi dengan komunitas dan dapat menjaga integritas pribadi kita. Timingnya juga harus tepat. Minta ijin dulu sehingga tidak mengganggu anggota lainnya. Jiga buku materi

Strategi serangan darat, yaitu penjualan di toko buku. Perlu pemetakan jenis toko buku karena perbedaan administrasi dan tempat yang berbeda. Toko buku modern menggunakan administrasi  mengikuti perkembangan tehnologi yang dikendalikan dengan system tersentralisasi. Marketing menawarkan buku-buku baru, bisa memengaruhi display, memasang promo di toko tersebut, Toko buku tradisional dengan system tunai. Selain itu marketing langsung datang ke sekolah dari Paud sampai Perguruan Tinggi.

Dengan ikut pelatihan ini mudah mudah bisa menerbitkan buku. 
Trimakasi kepada Moderator  yang telah motivasi serta narasumber. Tak lupa Om Jay yang sering menyemakati un menulis tiap hari. 
[

Pertemuan ke 10 : 2 Agustus 2021                          Jam 19.00 WIB.                                                          
Tema : Pemasaran Buku 
Narasumber: Agus SUbardana
Moderator :   Aam Nurhasah
Gelombang ke 19 dan 20.                              
Nama :  Nia Kania Dewi  SMAN 1 Rancaekek



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menulis Autobiografi

  Menulis Autobiografi Alhamdulilah  jumat berkah untuk mengikuti Pelatihan Belajar menulis di PGRI yang mana pertemuan kali ini  di bawakan...